Google Chrome Portable

Terkadang ngerasa ribet juga kalo maen ke warnet nasib anak kost dan harus bolak-balik sign in ke beberapa account yang berbeda email dan password yang tidak mungkin sama untuk tiap website`nya. Plus, di hantui rasa khawatir kalo terkadang lupa sign out atau clear recent history mozilla firefox browser favorite setelah keluar dari warnet. Karena besar kemungkinan computer yang kita pakai juga akan di pakai orang lain sebelum restart otomatis dan deep freeze mulai bekerja.

Bahkan, suatu pengalaman membuktikan bahwa
tidak semua warnet memakai deep freeze untuk menjaga privacy customer`nya. Ketika itu, teman saya bermain di warnet langganan`ku dan mendapati default email`ku ternyata menyimpan password yang munkin dulu aku sempet klik remember password`nya. Kok ya untungnya ngga ada yang diacak-acak isi email yang berisi master password di beberapa account utamaku. Dari situ saya kepikiran mencari browser portable yang ringan di bawa ke mana-mana.

Browser pertama yang ada dalam pikiran ku adalah Mozilla Firefox Portable karena sudah beberapa tahun saya mengagumi browser yang satu ini. Lengkap dengan beragam Adds-on yang bisa ku sesuaikan dengan kebutuhan. Tapi, Firfox Portable yang aku ambil dari portableapps.com ini tak sesuai dengan apa yang aku inginkan karena loadingnya terlalu berat karena ada beberapa script yang masih mengacu pada mozilla utama yang terpasang di program files. Pun, bookmark yang ingin ku simpan di portable malah tersimpan di mozilla bawaan komputer. Dan solusi yang bisa dilakukan jika ingin kinerja Firefox Portable ini berjalan lancar adalah meng`uninstall Firefox yang ada di Program Files. Dan ini sama aja dengan kerja dua kali. Juga tidak semua warnet yang mengizinkan uninstall program sak udel`e karep`e dewe.

Lalu saya mencoba kinerja Opera Portable dan hasilnya tidak jauh berbeda dengan Firefox. Malah lebih parah karena beberapa widget harus ter`update dengan menambah aplikasi tambahan.

Akhirnya, aku mencoba Google Chrome Portable karena sudah tidak ada pilihan yang menjanjikan. Juga karena belum pernah mencoba fersi original`nya. Dan ternyata saya sempat di kejutkan dengan performa yang ditawarkan google meski hanya mencoba portable version.

Semua yang saya inginkan ada di Chrome Portable ini. Selain loading program`nya yang lumayan cepat, remembering password system`nya juga oke untuk disimpan di dalam flashdisk ato hardisk external. Juga Bookmark yang ingin ku simpan juga bisa di manage dengan baik dengan mengkategorikan 'Others Bookmark' untuk site yang tidak terlalu sering aku kunjungi. Ada lagi, theme dan adds-on yang ingin kita pasang juga bekerja dengan baik dengan tidak membebani kecepatan loading`nya.

Sebelum review ini aku buat pun sudah banya teman yang meminta mentahan software ini karena melihatku terlalu asyik memakai chrome sebagai browser utama`ku. Terkecuali untuk beberapa warnet yang tidak bisa di ajak kompromi dengan memblokir semua running portable software, maka aku hanya akan blog walkin dengan menggunakan name and url tanpa harus log in dan paling cuman browsing sebentar aja.

So, kalau anda berminat silahkan mencoba Chrome Portable beserta widget`nya di bawah ini;

Google Chrome Portable
Google Chrome Webstore
Themes; Google | chromethemes.org
Widgets; AdBlock

My Favorite Themes Collection;

elro seven
elro seven

This is a short biography of the post author. Maecenas nec odio et ante tincidunt tempus donec vitae sapien ut libero venenatis faucibus nullam quis ante maecenas nec odio et ante tincidunt tempus donec.

3 comments:

  1. jangan lupa, di putar, di jilat, trus di celupin...,, ;D

    ReplyDelete
  2. aq sudah punya GC tapi jarang aq gunakan aq masih tetep cinta sama mozilla

    ReplyDelete

Web blog ini menerima semua comment, critic, caci maki, umpatan, bahkan penghina`an.
Karena kebebasan berpendapat juga telah di atur dalam undang-undang.