Kotak Ajaib

Layar imajinasi bernama televisi..

Terus terang, dulunya aku juga termasuk salah satu penikmat televisi yang masih hadir dengan dua warna hitam dan putih. Dulu sekali waktu Si Unyil, Si Komo, Giban [Jiban], Baja Hitam, Dragon Ball, atau Doraemon selalu hadir di dalam kotak ajaib milik tetangga. Televisi berukuran 14 inch itu mamapu memberi imajinasi tersendiri ketika selesai menontonnya. Sampai terbawa ke mimpi mempunyai ruangan bawah tanah seperti yang dibikin Doraemon untuk Nobita. Dasar rido kecil yang bodoh, ngyahahaa...

Imajinasi tingkat tinggi, apa yang di berikan televisi tentunya berdampak pada pola pikir pemirsanya. Disadari atau tidak, sedikit banyak televisi ikut andil dalam pembentukan pola pikir masyarakat. Lihatlah bagaimana kotak ajaib itu mengambil peran dalam kancah politik, meracuni perilaku dengan sinetron² ga jelas, mengendalikan dunia music negeri ini, hingga dampak iklan yang sangat menjijikkan. Secara umum, hampir semua aspek telah terjamah media informasi yang satu ini.

Sekarang masalahnya, apakah smua strata sosial masyarakat terpengaruh akan dampak yang di bawa oleh kotak ajaib itu? Hmm... Rasanya aku ga mau komentarin yg satu ini karna emang belom nemuin fakta kuat tentangnya. Tapi kalo boleh mengambil rujukan dari sini, kliatane malah faktor umur yang menentukan bagaimana televisi sangat berdampak pada perilaku seseorang.

Sunardian mengutip data penelitian di Amerika bahwa anak di bawah dua tahun yang dibiarkan orangtuanya menonton televisi bisa mengakibatkan proses wiring [proses penyambungan antara sel-sel saraf dalam otak] menjadi tidak sempurna (h.141)

ntu dampak ga sehat ke bayi. Belum pada ramaja yang gampang berubah psikologisnya gara² liat sinetron ato dampak ke ibu² yang gampang termakan budaya konsumerisme abis liat iklan di tipi. Ato bapak² yg sering ngebayangin istrinya bisa goyang kek Dewi Persik abis liat infotainment? [note; kalimat terakhir adalah statement penulis yg tidak dapat dipercaya.]

Beberapa kali [terpaksa] ngliat sinetron karna beberapa temen muda di TransNet ga ngebolehin ganti channel, aku malah sibuk nganalisa komentar² mereka yg kek ibuk². Permainan emosi yang menggelikan itu begitu mereka nikmati, malah jadi pengen ketawa ngedengarnya. Parahnya, logat mereka berubah menjadi sok jakarte setelah selesai nonton sinetron sore hari. "Abab jek mambu tempe penyet ae ngomong lo gue lo gue..." komentarku datar.

Pembentukan yang luar biasa bukan? Jadi gregetan kalo liat tivi akhir² ini. sinetron, reality show, acara music yg ngasih band maen lip-synch, dll, dsb, dst. Mo di komentarin smua? Mendingan makan ketan yg di kasih ragi, tape deeechh.

Dulu, kalo sekeluarga lagi nonton tipi dan remote dikuasai sama mba²ku, biasane pas ga ada acara yg asyik mereka malah sengaja ngliat iklan daripada nonton sinetron. Jd kalo pas acara dah mulai channel bakalan segera di pindah ke saluran yg lagi ada iklannya. So pasti ibuk yang marah² dan diketawain mba²ku dan sedikit senyum dari bapak. Tapi sekarang liat iklan-pun banyak yang nyebelin, membuat stigma dan stereotype sak geleme udele dewe. Iklan apa ntu yg bilang cewe cantik ntu harus putih? Ato cowok keren ntu punya perut kotak²? Langsung liat perutku waktu pertama liat iklan itu, rasane pengen bakar ntu tipi.

Acara tipi cuman menyisakan berita dan untungnya menjadi acara paporit kalo abis selesai jaga. Dan sekarang, berita di tipi juga kadang ga asik. Beritanya di ulang² terus, berita pagi yg aku liat abis kerja itu kadang muncul siang hari bahkan sorenya jg masih keluar. Pun dari stasiun tipi satu ke yang laen jg isinya sama, apa reporter mereka jg sama ea?

Bodoklah, dari pada liat tipi. Nge-blog aja yuk?




Death by Television, image by lorrainemd.deviantart.com

Comments

  1. ;)) emang sekarang acara tipi jelek² ke' rido ;;)

    ReplyDelete
  2. ~x( brrrr...
    beda lagi, na...

    kalo aku meskipun jelek tp ngangenin,
    acara tipi jelek n bikin negh... :p

    ReplyDelete
  3. klu gag da tipi kaya'y bakal sepi, meskipun klu q dah di depan layar monitor gag bakal nengok tipi, hehe :D tar klu gag da yg liat tipi, kasian penjual'y ;))
    ndak ni rido yg sring dipanggil ririd itu bukan? yg temennya dadang juga? kug kaya penah tau rido ya? kan qt sekampus y?

    ReplyDelete
  4. sebenere bukan masalah ada tipi ato ngga, tapi acaranya.. kalo ga ada acara yg bermanfaat mending di mati-in aja.. gitu mangsudnya... :D

    kalo ratna emang suka panggil rid, tapi kalo dadang keknya ga kena dech? iya ta? emang dhita [bener ga ne?] kul di mana? :-/

    ReplyDelete
  5. wew, titik neng nylekit.. :D

    sanggup apa dulu nech? kalo cuman seharian ga ada tipi sech ga masalah ea.. tapi kalo sepekan, ya mikir dulu...

    masalahnya adalah gimana menyaring acara TV dengan baik, dengan sendirinya ntar stsiun tipi bakalan menghapus acara kalo emang ratingnya jelek..

    well, kalo tanpa tv yg acaranya jelek, buat apa di tonton? :D

    ReplyDelete
  6. tapi ku tetep suka tipi :D

    ReplyDelete
  7. teve sumber informasi getu
    :)

    ReplyDelete
  8. Saya sekarang lagi seneng mantengi election channel itu, menarik..palagi kalo ada debat2nya..biara saya nanti tidak salah pilih wakil...

    ReplyDelete
  9. tp klu tipi'y dimati'in kug suasana'y jd sepi gitu :))
    yepz, aq dita, q sekampus ma ratna di dinus. walah, tnyt beda orang tho, hehe.. mohon dimaapkan ya ::)
    Lam nal juja deh :)

    ReplyDelete
  10. @ purawaka: aku sech lebih suka cewe... :x

    @ nova: ya, informasi yg tentunya bisa di pilah... :D

    @ tukang: metro TV ya? wew, sama ternyata.. tapi cuman seneng liat adu argumen aja, toh emang mereka pinter ngomong...

    @ dhieta: play music underground biar ga sepi..
    ga pa²... emang salah orang ntu biasa.. [ato emang namaku yg terlalu pasaran ea.. :( ]

    ReplyDelete
  11. OOT: baru kali ini di kolom komentarku ada link..heheheheh....bisa kok lewat nickname dan url aja

    ReplyDelete

Post a Comment

Web blog ini menerima semua comment, critic, caci maki, umpatan, bahkan penghina`an.
Karena kebebasan berpendapat juga telah di atur dalam undang-undang.