tani vs pns

Ada komentar dari beberapa orang tua ketika aku pulang ke solo kemaren ntu. Guyonan yang berawal cletukan seorang ibu yang ngeliat orang lagi antri bensin.

"Hallah², ngantri bensin kok koyo ngantri sembako..."
[Hallah², ngantri bensin kok seperti ngantri sembako...]
dengan di ikuti beberapa kepala yang menoleh ke kiri. Orang² di dalam bus seperti terhipnotis melihat antrian tersebut, termasuk aku yang ikut melihat antrian panjang tersebut.

"Jarene rego bensin miduk dadi limangewu limangatus,"
[Katanya harga bensin turun jadi lima ribu lima ratus,]
Ucap salah seorang di bangku paling belakang, lelaki kerempeng dengan kemeja kotak².

"Ah, podo wae. Saiki ra ngurusi bensin sek, lha wong wis wayahe ngrabuk ki seng di golek`i yo rabuk`e. Pemerintah ki jan kurang ajyar tenan kok, mosok rabuk ae di nggo delik²an."
[Ah, sama saja. Sekarang saya, petani ngga ngurusi bensin dulu, udah waktunya ngasih pupuk ntu yang di cari ya pupuknya dulu. Pemerintah memang sudah keterlaluan, masak pupuk aja di umpet²in segala.]
Suara kenceng yang keluar dari orang yang duduk tepat di sebelahku, lelaki tua paruh baya dengan topi kumal yang belum dilepasnya.

"Pemerintah ki wes ra ngurusi wong tani, pak Dhe. Saiki sing di pikir ki pegawai PNS, piye carane ben gajine mundak nganti petangatus persen."
[Pemerintah udah ga ngurusi petani, pak Dhe. Sekarang yang di pikirkan ntu pegawai PNS, bagaimana caranya biar gajinya PNS naek sampe empat ratus persen]
Kedengeran hiperbola deh masnya yang dibelakang tadi ntu, masak naek sampe 400% gitu?

"Oww, dadi negoro iki nggur di nggo pegawe thok? Petanine kon mati wae ngono yo?"
[Oww, jadi negara ini cuman untuk pegawai aja? Para petani di suruh mati aja gitu?]
Balas pak Dhe yang kemudian menatapku dengan sinis, tapi akhirnya tersenyum ketika ku sodori rokok kretek favoriteku. Setelahnya, bus kembali sepi dengan hanya ada suara angin yang keluar masuk dari jendela.

Ringkasan yang aku dapet dari percakapan di atasa adalah masalah harga bensin, gaji pegawai, dan kelangkaan pupuk. Pada intinya adalah kemakmuran masyarakat.

Harga bensin turun, meski solar masih tetep aja katanya. Orang² kecil di daerah mungkin akan sangat senang dengan kabar ini, meski pasokan ke daerah kliatane masih terbatas sampe bisa terjadi antrean sepanjang itu. Atau mungkin karna kekhawatiran mereka jika saja harga bensin bisa naik lagi sewaktu-waktu. Analisa bodohku waktu itu. Pikiran picikku sich tetep aja ngliat masalah ini cuman permainan politik esbeye buat pencalonan pemilu taon depan. Se enggaknya bisa jadi penutup yang manis sebelum masa jabatannya berakhir. Yeah, ngambil simpati rakyat gitulah. Bener apa engga-nya se bodo amat, orang aku juga ngga ngerti urusan kek gitu.

Tapi, petani punya permasalahan laen selain harga bensin. Mereka ga lagi peduli sama bensin karna toh udah selesai make disel untuk pengairan. Yang mereka butuhkan sekarang adalah pupuk yang semakin langka di pasaran.

Kelangkaan pupuk terjadi di mana-mana. Di beberapa daerah di Jawa, petani sampai harus menghadang truk yang lewat untuk bisa membeli pupuk, tetapi Sekretaris Dirjen Tanaman Pangan Departemen Pertanian, Anggoro, membantah keras telah terjadi kelangkaan pupuk yang membuat petani 'menjerit'. [kompas.com]

Meski pak sekjen bilangnya stock pupuk ga ada masalah, tapi kenyataan di daerah berkata laen. Ya bilangnya sech karna distribusi yg ga jelas. Tapi kalo menurutku pasti ada pihak² yg 'bermain' di dalemnya.

Gaji pegawai laen lagi, sebenere yang dibahas tadi adalah pegawai sektor pendidikan [baca, Guru]. Denger²
dari sini sech katanya emang dapet kenaikan sampe 100% untuk tahun bulan depan. Dan akan ada tambahan bonus untuk pengajar di pedalaman. Aku setuju kalo sektor pendidikan mendapat perhatian lebih, tapi ya ga perlu sebanyak yang di bilang masnya yg duduk dibelakang tadi. Takutnya akan ada kecemburuan sosial seperti apa yang kemaren aku dengar itu. Ngeri aja kalo sampe gontok²an cuman karna beda pendapatan.

Tapi kemaren ada otak iseng pengen nepuk bahu orang yang duduk di bangku depan, trus nanya. "Kok diem aja, pak?"
untungnya aku ngga jadi nanya ke bapak² yang pake sragam PNS itu.. ngyahahaa..

Rosid Ridho
Rosid Ridho

This is a short biography of the post author. Maecenas nec odio et ante tincidunt tempus donec vitae sapien ut libero venenatis faucibus nullam quis ante maecenas nec odio et ante tincidunt tempus donec.

7 comments:

  1. Sekarang yg diperhatiin cuma pegawai2 sama guru yah?? Hmm... Kasian juga ya petani nya gak diperhatiin. Lha klo petani ndak dikasi apa2 kita semua ndak akan bisa makan nasi. Uhuhu...

    ReplyDelete
  2. iya mas, ku kira ntu mereka da seneng hujan lancar, tandur yo penak.. tapi kok ya masih ribet masalah pupuk... ;(

    ReplyDelete
  3. pusing mikirin ulah pemerintah yang makin kagak jelas tindakannya....
    hufht.....

    ReplyDelete
  4. untung ada terjemahannya, jadi agak mudeng sedikit :D

    ReplyDelete
  5. ah semua dipolitikkan...
    yah kebijakan pemerintah kitakan semuanya keputusan politis..
    mo dukung pengusaha, petani, ada di tangan mereka.
    jadi jangan salah kalo keputusan2 mereka berpihak.

    ReplyDelete
  6. @ ratna: ga usah mikirin pemerintah na,
    mikirin kuliah aja dulu... :P

    @ kak adi: sedikit? :D
    maklum mas, lagi belajar nulis....

    @ cak arul: so, kapan mereka berpihak ma rakayat kecil...? :(

    ReplyDelete
  7. satu-satu, guru dulu biar pendidikan maju

    ReplyDelete

Web blog ini menerima semua comment, critic, caci maki, umpatan, bahkan penghina`an.
Karena kebebasan berpendapat juga telah di atur dalam undang-undang.