Tags

Cerita-nyah. Dari seharian ini ntu saya lagi manage tags di multiply, yang ternyata teramat sangat semrawut sekali hallah. Ternyata, di blogspot lebih parah. Sore ini saya malah kepikiran mo nulis something bout tags.

Tags? Label? Apa sih?
So, tags ntu sebenere banyak definisi-nyah. Wikipedia aja mpe mbagi kata ini menjadi 8 categories. Category ini dilihat dari kegunaan tags itu sendiri, as Personal identifiers, on Computing, Corporations and organizations, Education and language, Sports and Entertainment, Transportation, Science and technology, and Other uses. Nah, gw cuman mo ngebahas tags yg dipakek di computing [metadata] itu. Kalo mo tau jenis-jenisnya, silahkan check di sini.

Label, tags, and tags.
adalah kata kunci yang mampu mendiskripsikan dan digunakan untuk mengatur sebuah posting-an/article/tulisan dan membuatnya lebih mudah di temukan. Dalam dunia blog, beberapa web hosting kliatane punya istilah² tersendiri untuk fasilitas ini. Blogger menyebutnya label, multiply memiliki tags dan wordpress memilih istilah tag tidak sama dengan category juga. Okeh, untuk penyeragaman, kita sebut aja tags.

Buat apa sih?
Tags telah dimiliki beberapa web hosting seperti blogger, multiply, ato wordpress. Bahkan Gmail juga memakai fasilitas ini, mungkin ini dipakai untuk menandingi yahoo yg memakai folder untuk mengklasifikasikan email yg masuk. So, tags ntu hampir sama kek folder. Fungsinya untuk memanage file tantang topik yg sama. "Hampir sama? Emang ga ada bedanya?" Bisa dikatakan seperti ntu. Bedanya, satu file hanya dapat dimasukkan dalam satu folder. Kecuali kalo emang mo naro file yg sama di folder yg berbeda [kurang kerjaan banget]. Tapi dengan tags, satu file bisa dikategorikan dengan banyak tags yg berbeda dengan memberi multiple tags di file tersebut.

[nulisnya lanjutin ntar, mo lihat matahari terbenam dulu YM: r1d0_aja]

Nah, mm.. apa ya? Oh ya, fungsi laennya ntu buat memudahkan pembaca untuk nyari postingan dengan topic yg sama. Jadi, kalo semisal kalian klik tags 'poem' di tempat gw, postingan yg bakal kalian temuin pastinya tentang puisi. Ga menutup kemungkinan article tentang puisi dll, dsb, dst.

Trus? Giamana cara makek-nyah?
Ah, gampang kok. Tinggal cari aja kotak untuk ngisi tags ini, kalo mo pake tags yg sama, biasane ada tags yg da tertulis karna postingan sebelumna. As I've said before, kalian bisa ngasih tags lebih dari satu. Pemakain tags tergantung isi dari article tersebut. Satu postingan bisa aja punya banyak tags [multiple tags] di dalemnyah. Misal, kalo kalian nulis tentang idol kalian yg berkaitan dengan penggunaan drugs. Brarti bisa aja dikasih tags; idol, say no to drugs, effect, dan sebaganya. Tapi untuk beberapa orang, rule ini ga berlaku. Asal klik aja tags yg udah ada n ga mikir ada kaitannya ma postingan. Hehe, tul ga se?

Hah, kadang yg simple ntu mang banyak manfaatnya dan sering dilupakan. Tags cuman sebagian kecil dari cara untuk membuat kita lebih seneng nulis. Yg penting terus berkarya aja. That's all.



have fun?

Comments