business

Masih melanjutkan membaca beberapa manga di sebuah situs manga terkenal, ada satu halaman yang membuatku berfikir sejenak. Halaman saat translator membagi deritanya kepada pembaca. Menarik ketika menangkap sebuah kalimat berbunyi "manga translating is serious business".


Wew, mereka menganggap hobby mereka benar² serius. aku tidak dapat membayangkan bagaimana rasanya hasil dari hobby itu mereka nikmati. Ketika mereka melihat enthusiasm beberapa pembaca hingga hasil translate manga mereka dapat mencapai peringkat paling atas. Ah, ato aku salah mengartikan business di situ benar² bisnis yg menghasilkan uang?

hmm... bukan tidak mungkin tho? internet menjadi ladang uang untuk mereka. bisa aja mreka dapet property dari hasil upload mereka. mengingat cukup banyaknya adsense di sana.

Pun jg para blogger yg menghiasi halaman mereka dengan berbagai banner ato adsense untuk mendulang sen... wekeke.. sutralah, aku ngga mo komentar soal itu.

Yang jd kepikiran adalah, mengingat english disitu mudah dipahami, sepertinya para translator itu menggunakan standart english dan kliatanya jg sebagai ajang pembelajaran. Lalu apa yg sudah kulakukan untuk terus melatih bahasaku? menciptakan blog english itu? hmm... sepertinya menjijikkan kalo aku teruskan. writing-ku payah, apalagi soal grammar dll, dst, dsb.. brrrggghhh....

bodoklah, kemuduian dari site itu mungkin akan menambah vocab-ku. itu cukup....

Comments